Jual Mobil Bekas: Kenali 8 Ciri Mesin Mobil Bekas dalam Kondisi yang Baik dan Layak untuk Dibeli

By | November 16, 2019

Di era sekarang ini memiliki kendaraan sendiri memang sudah jadi salah satu kebutuhan yang sangat penting, apalagi digunakan untuk menunjang mobilitas, sehingga nantinya akan lebih mudah bagi Anda jika seandainya ingin melakukan perjalanan kemana-mana. Hanya saja juga tidak dapat dipungkiri jika seandainya produsen mengeluarkan produk baru dengan harga yang relatif mahal ke pasaran. Sehingga beberapa orang harus pikir-pikir ulang jika seandainya ingin membeli produknya. Namun jangan khawatir karena sekarang ini nyatanya ada banyak sekali tawaran jual mobil bekas .

Dimana dibandingkan dengan mobil baru tentunya sudah tidak asing bagi Anda jika seandainya harga jualnya ke pasaran juga relatif lebih murah. Bahkan untuk kondisinya jika pintar-pintar di dalam memilih, maka bisa mendapatkan produk yang bagus, performanya tidak kalah dibandingkan dengan mobil yang masih baru. Salah satu caranya adalah dengan melihat bagaimana kondisi mesin mobil tersebut, apakah masih bagus ataukah tidak. Berikut ini ada beberapa ciri mesin mobil bekas yang masih bagus, yaitu:

  1. Suara mesin halus, ketika digunakan untuk berkendara maka suara yang dikeluarkan oleh kendaraan tersebut cenderung halus, maka tandanya mesin masih dalam kondisi terbaik, karena dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya. Caranya adalah bawa kendaraan tersebut ke tempat sepi, kemudian hidupkan selama kurang lebih 5 menit dan dengarkan suaranya.
  2. Tidak ada oli maupun bahan bakar yang bocor, cek setelah dipakai untuk berkendara apakah ada rembesan cairan oli maupun bahan bakar dari kendaraan tersebut, jika memang demikian artinya kendaraan tersebut sebelumnya sudah pernah bermasalah, pikir-pikir lagi jika seandainya ingin membelinya.
  3. Bagian ujung knalpot dalam kondisi yang bersih, jika ujung knalpot bersih, hanya memiliki warna coklat yang sedikit kemerahan di bagian ujungnya setelah digunakan untuk berkendara ini adalah kondisi yang masih normal, artinya ruang pembakaran berlangsung secara stabil.
  4. Perpindahan pada gigi berlangsung secara cepat, tidak mudah macet ketika digunakan. Jika seandainya pada proses perpindahan gigi ini berlangsung cukup lama atau sulit dilakukan artinya kendaraan tersebut bermasalah, jangan dibeli atau Anda harus keluar banyak uang untuk kebutuhan servisnya.
  5. Bisa menanjak dengan baik, saat melakukan test drive sangat dianjurkan juga bagi Anda untuk mencobanya pada medan atau kondisi jalanan yang menanjak, dengan demikian maka akan mengetahui kemampuan dari kendaraan tersebut ketika dipakai untuk berjalan di kondisi medan yang menanjak, apakah berlangsung dengan baik ataukah tidak.
  6. Tidak ada bagian lampu indikator yang menyala, menyalanya lampu indikator ini menandakan bahwa kondisi mesin yang tidak baik, seperti diantaranya adalah pada lampu indikator temperatur dan juga oli.’
  7. Getaran pada mesin ringan atau wajar, ketika di starter pertama kali Anda bisa merasakan secara langsung bagaimana getarannya. Ini berhubungan dengan kondisi kelistrikan pada mobil tersebut, apalagi jika seandainya getaran berlangsung secara tidak wajar atau terlalu hebat.
  8. Warna asap yang dikeluarkan oleh mobil tersebut normal, tidak keluar warna asap layaknya putih pekat maupun hitam yang menandakan bahwa sistem pembakaran pada mobil tersebut tidak berlangsung dengan baik.

Setidaknya jika kendaraan tersebut memenuhi semua ciri di atas maka mesin masih dalam kondisi yang baik, Anda bisa membelinya, tawar menawar harga penting dilakukan untuk mendapatkan tawaran harga spesial dari pemiliknya, cek langsung pilihannya di tempat jual mobil bekas online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *