Berziarah Ke Makam Karl Marx Bukan Berarti Anda Komunis Garis Keras

By | Oktober 14, 2019

Komunis menjadi warta yang kembali hangat di Indonesia. Adanya kebangkitan ideologi semacam ini jadinya menciptakan beberapa pihak atau kalangan melaksanakan tindakan dengan sapu higienis komunis di Indoenesia bung, salah satunya menuntut kembali menggelorakan menyaksikan film G30s/PKI.

Berbicara mengenai komunis, nama Fadli Zon yang sangat kontroversial naik ke peremukaan sesudah foto ziarah Wakil Ketua DRP ke makam Karl Marx kembali diungkit, dan momen itu pun kembali menjadi pembahasan menarik. Tak menampik, ia pun mengiyakan jika itu merupakan dirinya. Tetapi ia tak oke jika ziarah makan ke tokoh komunis yang menciptakan buku Das Kapital ini, mengambarkan jika ia oke dan satu gagasan.

“Memang pernah ziarah me makam Karl Marx, Lenin, Mao, bahkan ke rumah kelahiran Stalin. Saya baca buku-buku mereka alasannya S1 saya studi Rusia. Tapi saya #antikomunis,” ujar Fadli dalam akun Twitternya.

Fadli sendiri menyatakan jika ia mempunyai hobi untuk beriziarah makam. Bahkan ia mengatakan, foto yang beredar semenjak tahun 2014 kemudian mengambarkan jika ia tidak kagaum dengan sosok filsuf penting tersebut.

Kalau saya ziarah nggak harus kagum. Saya malah banyak mengkritisi. Karena teori-teori ia banyak yang gagal. Kaprikornus cuma ziarah saja buat pengetahuan. Hobi itu. Saya ini hobinya ziarah, ziarah ke semua tokoh-tokoh bangsa dari kiri ke kanan. Nabi-nabi semua saya ziarahin. Kaprikornus saya sudah ziarahin Nabi Muhammad, Nabi Ibrahim, Nabi Yakub, termasuk saya menziarahi Bethoven, Karl Marx, Lenin,” imbuh Fadli dilansir dari Detik.